Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Anti Lemot Untuk Mempercepat Android Yang Mulai Melambat

Smartphone android merupakan sebuah perangkat elektronik yang ditanamkan sebuah chipset CPU didalam nya yang didukung dengan penyimpanan internal untuk menyimpan banyak sekali macam data termasuk data permanen maupun data sementara.

Seiring waktu penggunaan android niscaya akan menyebabkan banyaknya data yang tersimpan di dalam penyimpanan tersebut, baik penyimpanan permanen maupun yang sementara.

Hal ini bisa menyebabkan terganggunya kinerja smartphone android kesayangan, sehingga terasa lemot atau tidak secepat saat gres pertama dibeli.


Hal ini akan terasa mengganggu saat sedang asyik-asyik nya menjalankan sebuah aplikasi namun menjadi terganggu alasannya yaitu android menjadi kurang responsif bahkan terkadang hingga menyebabkan force close atau keluar dengan sendirinya.

Lantas bagaimanakah cara semoga smartphone android yang kita miliki bisa menawarkan kinerja maksimal dan tidak terasa lemot lagi? Silahkan temukan balasan nya pada tips berikut ini.


Smartphone android merupakan sebuah perangkat elektronik yang ditanamkan sebuah chipset CP Tips Anti Lemot untuk Mempercepat Android yang Mulai Melambat


7 langkah cara mempercepat Android semoga handphone tidak lemot


1. Bersihkan Cached Data

Cached data yang tertimbun selama ini bisa berdampak pada kinerja handphone, untuk itu harus dibersihkan.

Caranya: Klik Pengaturan > Memori penyimpanan > Pembersihan File (Clear Storage).


2. Matikan Animasi

Animasi yaitu salah satu pencuri RAM di perangkat Android, mematikan animasi sanggup mengurangi kinerja handphone.

Untuk mengurangi atau mematikan animasi di Android semoga Android kau tetap cepat, kau bisa mengaturnya di Settings - Developer Options.

Lalu ubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai terkecil, atau dibentuk off sekalian.

Caranya: Klik Pengaturan > Tentang ponsel > Klik 7 kali pada Opsi Pengembang > Kembali ke Pengaturan > Matikan Animasi dan Transisi.



3. Hilangkan Bloatware atau Uninstal Aplikasi

Banyak aplikasi yang menguras kinerja handphone, untuk itu harus segera dibersihkan dengan cara: Klik Pengaturan > Manajemen Aplikasi > Uninstal aplikasi yang tidak digunakan.


4. Bersihkan Cache Partition

Cache partition berkhasiat untuk menyimpan proses-proses yang dijalankan oleh sistem, sehingga akan mempercepat Android kau untuk sanggup segera dipakai sesudah mematikan atau melaksanakan Restart perangkat.

Namun, usang kelamaan cache partition akan terus menumpuk di background dan memperlambat kinerja Android kamu.

Untuk menjaga semoga Android kau tetap cepat, kau bisa menghapus cache partition sebulan sekali dengan masuk ke Recovery Mode, kemudian pilih Wipe Cache Partition.


5. Pindahkan dan Kurangi Widget di Tampilan Awal

Widget merupakan fitur yang terdapat pada sistem android, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi homescreen.

Untuk menambah kinerja smartphone kesayangan, kurangi atau pindahkan beberapa widget, dengan cara menahan ikon widget kemudian hapus (geser ke ikon tong sampah).


6. Aktifkan Mode Hemat Data di Google Chrome

Mode hemat data pada Google Chrome membantu penjelajahan lebih cepat yang secara otomatis menciptakan android tidak bekerja terlalu lama.

Caranya: Buka Google Chrome > Klik Titik tiga di bab kanan atas > Pilih Pengaturan > Pilih dan Aktifkan Penghemat Data.



7. Lakukan Factory Reset

Dengan melaksanakan factory reset sanggup menghapus banyak sekali hal yang menumpuk pada handphone kamu.

Setelah di factory reset kinerja handphone akan terasa menyerupai gres kembali, namun hal ini akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam handphone kamu.

Untuk itu lakukanlah back up data-data penting menyerupai photo atau file-file yang tersimpan di internal memory handphone ke penyimpanan eksternal.

Kamu bisa melaksanakan Factory Reset melalui sajian Settings > Backup & reset > Factory data reset.


BACA : Cara Flash Android Menggunakan QGDP Download Tool

Itulah beberapa cara gampang yang sanggup dilakukan semoga android tidak lemot dan bisa mempercepat kinerja android.

Semoga bermanfaat! ^^