Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senyum Untuk Kandidat Penulis Oleh Eka Budianta

Senyum untuk Calon Penulis oleh Eka Budianta Senyum untuk Calon Penulis oleh Eka Budianta
“Salah satu kiprah sastrawan, yakni memunculkan “a drop of ink makes millions think.” Satu tetes tinta, ibaratnya, menghasilkan banyak orang berpikir, pasti saja, untuk menjadi lebih bijaksana. Karena itu, sebagaimana yang dikemukakan oleh Eka Budianta, sastrawan, dalam hal ini penyair, pada hakikatnya yakni “man of thought” yang tidak secara pribadi berambisi untuk merubah jaman, tetapi menjadi saksi jaman. Kesaksian jaman inilah yang pribadi atau tidak, akan mengirim insan untuk berpikir tentang perubahan-perubahan ke arah perbaikan, kendati, pada hakikatnya, sastrawan, dalam hal ini penyair, bukanlah “man of action.” -- Budi Darma, Novelis, kritikus sastra, pengajar di Universitas Negeri Surabaya.

Eka Budianta memberi perimbangan dengan opininya di tengah terlalu banyak opini yang mengambil posisi memihak. Kita jadi punya ruang pandang yang lebih lega untuk bernafas dan lalu mengambil opini sendiri. Ruang mirip itulah yang sekarang makin langka di negeri kita ini. -- PUTU WIJAYA,  Novelis, dramawan, budayawan.

Ada daya yang besar pada Eka untuk mempengaruhi dan menginspirasi. Tulisannya yang gamblang dan merdeka, informatif sekaligus melibatkan, lahir dari kekuatan adab dan inovasi sosial yang “menjunjung kemanusiaan, membela kehidupan, dan memelihara perdamaian”. -- RIRIS K. TOHA SARUMPAET, Kritikus Sastra, Dosen Universitas Indonesia.

Detail Buku:

Judul: Senyum Untuk Calon Penulis
Penulis: Eka Budianta
Penerbit: Alvabet, 2005
ISBN: 979-3064-17-X
Page: 272
Besar file: 9,74Mb
Baca - Download: Google Drive
Review: Goodreads
Harga: Rp.29.000,- Beli