Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekar Karya Maria A. Sardjono

 Joko anak Raden Mas Tumenggung Suryokusumo Sekar karya Maria A. Sardjono
Sekar dan Joko dibesarkan bersama-sama. Bedanya, Joko anak Raden Mas Tumenggung Suryokusumo, sementara Sekar anak pembantu yang mengabdi pada keluarga darah biru itu.

Walaupun cuma berstatus anak pembantu, Sekar berkembang menjadi gadis yang hebat luar dan dalam. Fisiknya berkembang dengan indah, sementara batinnya pun tertata layaknya priyayi, alasannya yakni sejak bayi memang hidup dan menyerap nilai-nilai kebangsawanan di sekitarnya. Prestasinya pun luar biasa. Dia sukses menyelesaikan kuliahnya dengan nilai gemilang, menjadi guru favorit di suatu Sekolah Menengan Atas swasta, sambil menyelesaikan kesibukan S2-nya.

Namun alasannya yakni status sosial yang dimilikinya, sejak kecil benturan tak pernah lepas dari dirinya. Dan benturan yang paling menyakitkan yakni dikala ia jatuh cinta pada Joko, begitu pun sebaliknya. Langkah Sekar pun terhenti di tubir jurang perbedaan yang lebar.

Karena Joko tetap nekat, Ibu Suryokusumo memberinya penyelesaian usang, yakni menyebabkan Sekar selaku selir mudah-mudahan tidak menghancurkan nama baik keluarga. Dan Joko tidak sanggup menemukan hal tersebut di dalam kehidupan terbaru ini.

Lalu apa respon Sekar yang menempatkan cinta yang nrimo di atas segala-galanya?

Detail Buku:

Judul: Sekar
Penulis: Maria A. Sardjono
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2012
ISBN: 978-979-22-8717-2
Page: 321
Besar file: 3,71Mb
Baca - Download: Google Drive