Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Harus Kamu Lakukan Saat Printer Epson L200 Mencetak Kurang Bagus

Printer Epson L200 merupakan salah satu printer handal yang cukup laris di pasaran. Jika kamu salah satu penggunanya, tentu kamu bisa menilai kualitas hasil print-outnya yang baik.

Namun, apakah kamu pernah mengalami, setelah beberapa waktu digunakan, hasil print-out Epson L200 menjadi kurang bagus. Pada kertas hasil print-out, tercetak garis-garis tipis dan di beberapa tempat terlihat kurang sempurna mencetak.

Terkadang hal ini membuat kita panik, kesal dan bingung harus berbuat apa.

Tenang dulu. Sabar. Mari kita cermati bersama-sama. Pasti permasalahan ini ada penyebab dan juga solusinya. akan memberikan solusinya.

Mari kita simak penjelasannya melalui tulisan cara mengatasi printer Epson L200 yang mencetak kurang bagus berikut ini.

Cara Mengatasi Printer Epson L200 Yang Mencetak Kurang Bagus

Secara umum, saat printer Epson L200 kamu mencetak kurang bagus, lakukan pemeriksaan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Cek ketersediaan tinta, masih penuh atau sudah habis.
  2. Jika sudah habis, segera isi dengan tinta original, maka masalah teratasi.
  3. Jika masih ada namun sedikit, jangan diisi dulu, biarkan tunggu sampai habis, setelah itu baru diisi. Jika masih ada lalu kamu isi, hati-hati justru membuat rusak printer.
  4. Jika tinta masih penuh namun hasil cetakan jelek, berarti harus dilakukan head cleaning.
  5. Jika head cleaning sudah dilakukan namun hasilnya masih kurang bagus, dapat dicoba dengan melakukan power cleaning.
  6. Jika masih belum berhasil juga, bisa dicuci catridge-nya. Silakan datang ke Veneta System, atau jasa tinta printer lainnya. Artinya memang ada masalah pada catridge, sementara tintanya tidak ada masalah.

    Mencuci Catridge dilakukan jika proses head cleaning yang sudah dilakukan dua kali namun juga masih gagal
    . Proses mencuci catridge harus dilakukan oleh teknisi yang mengerti. Oleh karena itu, harap dibawa saja ke tempat service.
  7. Jika cuci catridge masih belum berhasil, maka lakukan sedot tinta. Silakan datang ke Veneta System atau jasa printer lainnya. Menyedot tinta dilakukan jika tinta di dalam catridge kosong.

    Artinya, tinta dari tabung tidak tersalurkan ke dalam catridge. Sehingga walaupun dilakukan head cleaning, tetap saja hasilnya kurang maksimal, bergaris, dan lain sebagainya.

    Cara ini lebih baik dilakukan oleh teknisi. Oleh karena itu, untuk melakukannya, lebih baik dilakukan di tempat service.
  8.  merupakan salah satu printer handal yang cukup laris di pasaran Yang Harus Kamu Lakukan Saat Printer Epson L200 Mencetak Kurang Bagus
    epson l200

  9. Jika masih belum berhasil juga, mungkin printer kamu perlu di-reset. Untuk mereset printer, jangan tergesa-gesa melakukannya.

    Pastikan bahwa printer benar-benar perlu di reset. Lakukan dulu langkah 1-7, jika belum berhasil artinya printer benar-benar sudah harus di reset. Tutorialnya dapat dilihat melalui tulisan berikut: Cara Reset Printer Epson.

Solusi Populer untuk Mengatasi Printer Epson L200

Di antara seluruh cara yang dijelaskan di atas, ada sebuah cara yang paling populer atau paling sering dijumpai oleh pengguna Epson. Cara itu adalah dengan melakukan Head Cleaning. Jika kamu menemukan masalah ini, coba saja dulu lakukan Head Cleaning. Seringkali masalah teratasi dengan baik.

Namun pastikan sebelum melakukannya, printer kamu masih memiliki tinta yang cukup. Karena proses cleaning juga memerlukan tinta. Tanpa tinta yang cukup, dikhawatirkan justru akan membuat printer kamu rusak.

Apabila setelah proses Head Cleaning dilakukan belum juga berhasil memperbaiki hasil cetakan, artinya ada masalah lain pada printer Epson kamu. Silakan dicoba cara lainnya.

Baca juga: Cara Head Cleaning Epson L200

Penutup

Itulah langkah-langkah yang kami simpulkan dari pengalaman yang sudah kami alami. Diantara seluruh cara di atas, kami sudah membuat salah satu tutorialnya yakni cara reset printer Epson. Silakan dikunjungi jika bermanfaat. Semoga solusi ini dapat membantu kamu yang sedang mengalami masalah printer Epson L200 yang mencetak tidak bagus.

Solusi Masalah Printer:
Cara Restart Print Spooler pada Windows 7/8/10
Download Software Resetter Epson L200 Free
Cara Melakukan Head Cleaning pada Epson L200
Cara Reset Printer Epson L200
Memperbaiki Printer Epson L200 yang Mencetak Kurang Bagus