Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah Pada Pemasangan Ban Tubeless

Permasalahan yang sering ditemukan dalam memasang ban motor tubeless - Hai teman jumpa lagi dengan saya abew admin blog ecek-ecek yaitu portal kobar kembali menyapa sobat-sobat diseluruh nusantara di alam maya ini untuk sekedar menyebarkan pengalaman dan seputar tips-tips yang relatif tidak penting ini,hheu,.
Pembahasan kita kali ini mengenai ban tubeless sob,kita ketahui bersama dikala ini sebagian besar jenis motor dari matic hingga moge sudah menggunakan velg cw (casting wheel) atau lebih bersahabat disebut masyarakat dengan sebutan velg racing.Keunggulan utama jikalau sepeda motor kita sudah menggunakan velg ini yaitu kita dapat menggunakan ban tubeless atau memfungsikan ban tubeless sebagaimana mestinya,mengapa demikian?secara umum ban tubeless atau ban biasa dapat digunakan di semua jenis velg baik itu cw maupun sw (spoke wheel) velg jari-jari,akan tetapi fungsinya niscaya berbeda.Tahukah teman bahwa ketika memasang ban tubeless terkandang menemukan problem ibarat yang saya temukan beberapa waktu yang kemudian salah satunya yaitu angin tidak mau mengisi kedalam ban,hal ni terkadang menciptakan kita gundah bagaimana cara mengatasinya.
Inilah yang akan jadi topik kita kali ini yaitu mengatasi permasalahan yang sering timbul ketika mamasang ban tubeless.

Ada beberapa permasalahan yang sering ditemukan dalam memasan ban tubeless yang akan saya sebutkan berserta cara mengatasinya.

1.Angin susah masuk
Ban jenis tubeless type yaitu ban motor atau kendaraan beroda empat yang tidak menggunakan ban dalam,ban tipe ini sangat direkomendasikan terutama untuk teman yang memiliki motor dengan velg racing,tapi taukah teman bahwa ada beberapa merek ban yang sangat sulit dalam pemasangan ban tubeless ini,titik kesulitannya yaiut angin tidak mau masuk mengisi cuilan ruang ban meskipun seluruh ban sudah terpasang dengan benar,apa penyebabnya?
Jika menemukan problem ibarat ini kemungkinan ada cuilan ban yang tidak rapat dengan velg yang menjadikan angi keluar dari celah tersebut sehingga walaupun sudah dipompa angin tidak mau mengisis rongga ban alias selalu keluar dari celah tersebut,penyebabnya yaitu kondisi ban yang tidak baik contohnya ban yang sebelumnya sudah ditumpuk dan diikat dengan kencang sehingga ada cuilan ban yang tertekan kemudian ban sedikit penyok.
Ketika menenmukan hal ibarat ini ada beberapa cara untuk mengatasinya diantaranya:

  • Isi angin dengan kencang (tembak angin)
Ban tubeless sudah terpasang dengan benar namun ketika akan mengisi angin ternyata tidak mau masuk disebebkan ada cuilan ban yang penyok maka isi dengan menggunakan angin yang kencang.
Jika pemasangan ban dan pengisian anginnya menggunakan kompressor,lepaskan terlebih dahulu cuilan kepala kompresor yang biasa dimasukan kedalam pentil tubeless tapi sebelumnya tutup dulu kran angin yang ada pada komprsor tersebut,jika sudah mulailah masukan selang angin tersebut kemudian buka kran anginnya,sebaiknya cara ini dilakukan oleh dua orang supaya lebih gampang melakukakannya.
Cara ibarat ini biasanya cukup efektif ketika ban tubeless yang hendak di isi angin sangat susah dalam pengisiannya,namun dalam hal ini tidak menutup kemungkinan angin tetap saja tidak mau masuk,kemungkinan ini ada dua penyebabnya yaitu kondisi ban tubeless sudah tidak baik dan velg yang dipasang ban tubeless tersebut ialah velg lokal bukan ori,kemungkinan ini dapat saja terjadi.
Untuk mengatasi hal ini ada cara lain yang dapat dilakukan ketika angin tetap tidak mau masuk padahal sudah melaksanakan poin diatas yaitu dengan menembakan angin,caranya yaitu.
  • Ikat dengan tali rafia
Cara lain yang dapat dilakukan ketika angin tetap saja tidak masuk yaitu dengan cara melilitkan tali rafia yang sudah di dobel dan pastikan sudah kuat tidak akan putus kemudian lilitkan ke sekeliling cuilan terluar ban kemudian masukan sendok ban ke sela-sela tali tersebut kemudian kencangkan,sebagiknya sendok ban dimasukan di titik pertemuan kedua ujung tali rafia tersebut kemudian putar hingga benar-benar kencang dan rapat.
Jika sudah dilakukan mulailah mengisi angin masih dengan cara ibarat poin pertama yaitu menembakan angin lansung ke dalam ban tubeless.
Ketika kedua cara ini sudah dilakukan tetapi angin tetap saja tidak dapat masuk,ada cara terakhir yang dapat dilakukan yaitu.
  • Pakai ban dalam sementara
Untuk sementara pakai dulu ban dalam supaya ban kembali ke bentuk yang normal jikalau sebelumya ban dalam kondisi penyok,biarkan ban menyesuaikan dengan bentuk velg.
Lakukan cara ini setidaknya dalam waktu satu ahad dalam keadaan ban menggunakan ban dalam.
Jika sudah seminggu saatnya kembali membongkar ban tubeless teman untuk nantinya difungsikan sebagaimana mestinya yaitu tidak menggunakan ban dalam,sebaiknya periksa dulu kondisi ban dan pastikan tidak ada paku yang menempel.

2.Ban susah rata
Masalah lain dalam pemasangan ban motor jenis tubeless yaitu ban yang susah rata,meskipun angin dengan gampang masuk delam ban tanpa melaksanakan semua cara yang sudah saya sebutkan di poin pertama tadi,akan tetapi sehabis ban terisi angi kondisinya tidak rata,tentu ini sangat kuat ketika digunakan di jalanan makan akan terasa goyang atau geol-geol.
Kemungkinan hal ini terjadi dikarenakan ban kualitasnya buruk atau velg dalam kondisi penyok dan buka velg ori.
Solusi untuk mengatasi problem ini yaitu dengan memukul cuilan ban yang tidak keluar semestinya menggunakan palu karet,jangan gunakan alat lain selain palu karet untuk menghindari kerusakan pada ban maupun velg itu sendiri.
Pukul hingga rata di cuilan tersebut,apabila cara ini susah dilakukan buang angin terlebih dahulu kemudian oleskan cairan sabun di cuilan ban yang tidak keluar tersebut tujuannya untuk memudahkan ban keluar sehingga dapat menjadi rata kemudian isi angin dan pastikan ban sudah terpasang dengan sempurna.

Itulah dua kemungkinan problem yang dapat ditemukan ketika memasang ban tubeless,untuk menghindari problem ini pastikan teman membeli ban dengan kualitas yang baik dan velg dalam kondisi normal supaya pemasangan ban lebih tepat dan pastinya nyaman dikala digunakan berkendara.
Sekian warta kali ini mengenai problem pada pemasangan ban tubeless yang biasa ditemukan menurut pengalaman yang saya temukan ketika menjadi montir di sebuah toko ban.
Semoga warta ini bermanfaat,terima kasih atas kunjungannya di blog ini salam sukses untuk kita semua tetap semangat dalam menjalani aktifitas dan keep safety riding.