Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beginilah Cara Memperbaiki Oppo R1001 Bootloop Paling Mudah

Terdapat berbagai faktor yang mengakibatkan kenapa smartphone pada kesannya berbagai yang terpaksa harus di flash. Berbagai alasan yang sering dijumpai yakni sanggup lantaran bootloop, terinfeksi virus atau alasan yang lain.

Bootloop yakni merupakan suatu kondisi yang terjadi kegagalan atau kerusakan pada software. Suatu keadaan dimana perangkat tidak sanggup melaksanakan booting,  dengan demikian tidak sanggup masuk ke dalam sistem itu sendiri.


Ciri-cirinya diantaranya yakni pada dikala perangkat di nyalakan hanya sanggup menampilkan logo vendor (atau terkadang logo Android). Dan itu terjadi secara berulang-ulang, dan bahkan justru malah hang pada logo.




Seperti pada kebanyakan ponsel bercipset Mediatek, Oppo R1001 yang memakai MTK 6572 juga sering mentok tidak mendapat update versi Android nya. Paling tidak, pembuatnya juga masih memperlihatkan beberapa update Fix bug untuk melaksanakan pembaruan sistem operasi ColorOS.

Mungkin alasannya faktor inilah, Oppo Joy kerap dijumpai mengalami mentok di logo ketika dinyalakan atau biasa disebut dengan bootloop. Penyebabnya memang dinilai bervariasi. Smartphone oppo R1001 Bootloop sanggup disebabkan oleh penyimpanan internal yang mungkin terlalu penuh dan mengakibatkan system tidak mempunyai ruang lagi untuk berjalan. Sehingga, pada kesannya smartphone pun reboot/restart sendiri terus menerus.

Cara Memperbaiki oppo R1001 Bootloop 

Untuk memperbaiki oppo R1001 Bootloop gotong royong tersedia dua jalan yang biasa di pakai. Diantranya yakni dengan memakai PC apabila telah parah dan melaui recovery mode apabila bootloop ringan. Dengan memakai recovery mode, Oppo sanggup diperbaiki dengan mudah. Untuk yang pertama anda sebaiknya perlu dicoba untuk melaksanakan hard reset atau factory reset. Yaitu dengan cara mematikan ponsel terlebih dahulu.


Setelah itu anda sanggup nyalakan lagi Oppo Joy nda dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan dalam waktu beberapa saat. Tunggulah hingga beberapa muncul sajian pilihan bahasa. Pilih English serta pilih sajian Wipe dan pilih lagi sajian Wipe Data. Konfirmasi OK saja, sesudah itu tunggu hingga beberapa saat. Jika sudah selesai, anda sanggup menentukan Reboot System.

Apabila cara tersebut tidak berhasil maka oppo joy tersebut harus di flash memakai SP Flashtool, untuk bahan-bahan nya silahkan di download pada link berikut ini :


Cara Flashing Firmware Oppo R1001 Bootloop


  1. Silahkan matikan oppo joy anda atau dengan cara mencabut battere nya kemudian pasang kembali.

  2. Instal driver yang sudah di download.

  3. Selanjutnya silahkan buka spflashtool.exe pada folder SP Flashtool yang tadi sudah di download.

  4. Anda sanggup klik tombol Scatter dan sesudah itu buka folder Firmware cari file scatter (.txt), pilih dan klik OK.

  5. Langkah yang selanjutya, anda sanggup tekan tombol Download, kemudian hubungkan oppo R1001 ke komputer memakai kabel USB bersamaan dengan menekan tombol volume atas. Apabila dijumpai ada error, silahkan ganti dari Download Mode ke Firmware Upgrade.

  6. Apabila langkah-langkah nya sudah benar maka proses flashing akan segera berjalan. Tunggu hingga penanda proses berubah hijau dan muncul bulat hijau (100%) yang mana merupakan tanda flashing pada ponsel anda telah sukses.

  7. Cabut ponsel dari kabel data kemudian lepas baterai handphone anda.

  8. Silahkan hidupkan Oppo Joy anda, proses pertama kali dinyalakan memakan waktu lebih usang dari biasanya jadi harap dinantikan dengan sabar.


Demikianlah proses flashing Oppo dan memperbaiki Oppo R1001 yang Bootloop. Semoga hingga tahap ini sudah sanggup memperbaiki oppo R1001 dari kerusakan tersebut. Namun apabila sesudah melaksanakan langkah-langkah di atas masih belum menghasilkan perbaikan atau beberapa hari kemudian oppo joy anda bermasalah kembali, maka hal itu sanggup terjadi lantaran kerusakan dari partisi pada hardware handphone tersebut. Jika sudah demikian anda harus membawanya ke service center atau mahir reparasi handphone untuk dilakukan pergantian IC eMMC nya.