Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Beternak Angsa Pedaging Untuk Pemula

Daging angsa mempunyai cita rasa yang khas dibanding daging ayam. Daging angsa sanggup di olah menjadi aneka macam macam kuliner enak yang disukai masyarakat.

Karena banyak orang yang menyukai olahan daging bebek, tentunya hal itu menjadi peluang perjuangan yang menguntungkan dengan beternak angsa pedaging.

Berbeda dengan ternak angsa petelur, ternak angsa pedaging lebih fokus pada pembesaran dan penggemukan badan bebek. Oleh alasannya ialah itulah dalam perawatannya juga agak sedikit berbeda antara angsa pedaging dan angsa petelur alasannya ialah tujuan produksinya memang berbeda.

Biasanya para peternak angsa pedaging cenderung lebih menyukai membeli DOD untuk memulai usahanya dari pada memproduksi bibit sendiri. Dengan membeli DOD maka peternak sanggup fokus dalam proses pembesaran dan penggemukan angsa pedaging tanpa harus repot mengurus indukan bebek, mengawinkan, dan penetasan telur sehingga sanggup menghemat waktu, tenaga dan juga biaya.

Berikut ini beberapa tahapan biar sukses dalam beternak angsa pedaging:

• Menyiapkan DOD

Untuk memulai perjuangan ternak angsa pedaging yang pertama harus dilakukan ialah menyiapkan sangkar khusus untuk DOD dan menyiapkan DOD dari bibit unggul. Tahapan ini sangat menghipnotis keberhasilan dalam proses penggemukan.

Siapkan sangkar khusus yang dilengkapi penghangat ruangan. Idealnya untuk satu sangkar berukuran 1 meter di isi sekitar 40 ekor DOD.

Kandang untuk angsa pedaging harus mempunyai cukup ventilasi dan sanitasi dengan epilog khusus yang sanggup dibuka tutup dengan mudah. 

Sedangkan untuk DOD sebaiknya pilihlah dari jenis angsa peking yang mempunyai postur badan bongsor atau jenis hybrid khusus hasil perkawinan angsa peking dan lokal. Jenis angsa ini mempunyai kualitas yang cukup baik walaupun postur tubuhnya tidak sebesar atau sebongsor angsa peking.

Pastikan kondisi DOD sehat dan tidak ada yang mempunyai cacat fisik. Untuk ternak angsa pedaging, pilihlah DOD yang berjenis kelamin jantan alasannya ialah harganya lebih murah dan pertumbuhannya lebih cepat sehingga sanggup lebih cepat panen.

Pada tahap ini kita harus benar-benar memperhatikan sumbangan pakan alasannya ialah DOD belum mempunyai struktur pencernaan yang berpengaruh sehingga masih sangat riskan. Sebaiknya pada tahap ini DOD diberikan gabungan bekatul yang dicampur tepung ikan dan voer yang sudah dihaluskan dan diberi sedikit air.

• Perawatan anakan bebek

Ketika DOD mulai beranjak besar dan bulu-bulu dewasanya sudah mulai tumbuh, kita sanggup memindahkannya ke sangkar lain yang lebih luas.

Kandang untuk anakan angsa sebaiknya dibentuk panggung untuk menghindari serangan predator. Selain itu, model sangkar panggung akan memudahkan kita untuk membersihkan kotorannya sekaligus untuk menjaga kelembaban kandang.

Pada masa ini hal terpenting yang harus diperhatikan ialah problem sumbangan pakan. Kita sanggup memperlihatkan aneka macam jenis pakan yang fungsinya untuk meningkatkan pertumbuhan dan membentuk massa otot angsa menyerupai tepung ikan, tepung cangkang, bekatul, dan tepung jagung.

Tambahkan pakan utama dengan cacahan batang pisang, daun pepaya, daun mengkudu dan sayuran hijau lainnya sebagai sumber serat. Kita juga sanggup memperlihatkan voer dan aneka macam macam biji-bijian sebagai selingan.

• Proses penggemukan

Ketika angsa sudah mencapai usia remaja sekitar 5 minggu, pindahkan angsa ke dalam sangkar remaja yang ukurannya lebih luas dan mulai fokus pada proses penggemukan.

Untuk sangkar penggemukan sanggup dibentuk dengan ganjal tanah dengan dilapisi kapur dan pasir untuk menjaga kelembaban kandang.

Untuk sumbangan pakan pada tahap ini sama dengan tahap kedua. Karena intinya pakan-pakan tersebut memang khusus untuk membantu meningkatkan bobot badan angsa secara signifikan.

Agar pertumbuahnnya lebih optimal lagi, kita sanggup menambahkan sedikit cacahan kencur dalam pakan angsa alasannya ialah kencur dipercaya sanggup meningkatkan nafsu makan bebek. Masa penggemukan akan berakhir dikala angsa berusia 40 hari atau siap panen.

Baca juga:

Cara yang benar dalam beternak angsa petelur didalam kandang

Panduan lengkap ternak ayam potong untuk pemula

Cara beternak Merpati potong/pedaging untuk pemula

Demikian sedikit informasi wacana "Panduan lengkap beternak angsa pedaging untuk pemula". Untuk informasi lain seputar ternak bebek, sanggup dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Peternakan Bebek Pedaging