Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengganti Senar?

Guitarsquartz.net -  Senar gitar adalah salah satu elemen terpenting dalam gitar elektrik. Menjaga senar tetap bersih dan prima juga harus menjadi kebiasaan gitaris.

Image by congerdesign from Pixabay

Senar biasanya akan segera diganti begitu suaranya sudah berkurang treblenya atau sudah kurang bright. Tapi adakah ukuran waktu yang tepat untuk mengganti senar gitar elektrik ?

Usia Senar Gitar Berbeda-beda

Setiap senar gitar elektrik dibuat dari bahan yang berbeda, ada yang dari nickel, stainless steel, nylon filament, dan lain sebagainya. Karena itu setiap senar gitar tidak ada yang sama usia pakainya.

Untuk senar tertentu memang bisa lebih panjang usia pemakaiannya dibandingkan senar lainnya. Terutama untuk senar stainless steel, karena bahan baja anti karatnya lebih tahan terhadap kelembapan.

Ada juga yang berpendapat jika senar merk tertentu lebih pendek usianya di banding senar merk lainnya, meskipun bahan pembuatnya sama. Tentu hal ini hanya bisa dibuktikan dengan pengalaman saja.

Setiap pembuat senar juga memiliki beberapa trik khusus untuk mengurangi atau menghentikan karat ketika di packing. Seperti membuat packing kedap udara atau memasukkan gas tertentu ke dalam packing senar.

Tapi tentu saja 'ujian' senar sebenarnya adalah ketika di gunakan, dalam kondisi bermain gitar.

Bagaimana Dengan Para Profesional?

Untuk gitaris profesional, mengganti senar gitar biasanya cukup rutin. Misalnya setiap akan masuk sesi rekaman atau manggung. Terutama untuk rekaman karena membutuhkan suara senar gitar yang jernih.

Tapi tidak semua gitaris senang dengan suara senar baru, terutama dengan treble yang tajam. Ada juga yang sengaja membiarkannya selama beberapa waktu untuk mendapat karakter senar yang diinginkan.

Ada juga yang sengaja menggunakan gitar dengan senar lama untuk mencapai sound atau tone tertentu, tapi setahu saya tidak sampai senar yang sudah karatan karena mustahil enak dimainkan.

Yang jelas para pemain profesional memang harus mengganti senar dengan cukup rutin untuk performa maksimal.

Untuk Yang Sekedar Hobi Atau Semi-Pro

Jika pembaca sekadar gitaris hobi atau weekend warrior, mungkin tidak perlu terlalu sering mengganti senar gitar. Tapi perlu diperhatikan juga frekuensi pemakaian gitar nya.

Kalau bermain gitar hampir setiap hari, 7 hari dalam seminggu, maka ada kemungkinan senar harus diganti ya setiap satu atau dua minggu sekali. Tergantung selera dan sound pilihan pembaca Guitarsquartz, jika senar dimainkan setiap hari maka pasti makin berkurang kualitas suaranya. Pada minggu ke-3 mungkin sudah mati si karakter senarnya.

Seandainya hanya dimainkan 3 atau 4 hari dalam satu minggu, mungkin senar bisa bertahan selama sebulan. Sekali lagi ini relatif, harus disesuaikan dengan masing-masing gitaris.

Gimana Dengan Senar Coated?

Untuk mengatasi senar karat terlalu cepat, beberapa pembuat senar gitar menciptakan teknologi coating atau lapisan tipis pada senar gitar. Lapisan ini sangat tipis, mungkin hanya beberapa mikron saja, untuk mencegah keringat, kotoran, dan oksigen merusak senar.

Beberapa pembuat gitar yang terkenal dengan teknologi coatingnya adalah Elixir dan DR Strings. Senar dengan coating atau 'coated strings' biasanya harganya lebih mahal dibanding senar biasa. Umur senar coating ini bisa sampai 2  hingga 5 kali lebih lama daripada senar tanpa coating.

Nah, tapi beberapa gitaris tidak terlalu senang dengan 'feel' atau suara senar coating. Kalau ini kembali diserahkan pada masing-masing gitaris.

Beberapa Tips & Faktor Yang Mempengaruhi Keawetan Senar Gitar

Perhatikan beberapa faktor ini untuk menjaga agar senar gitar Anda tetap awet dan nyaman digunakan, dan juga beberapa tips untuk mengatasinya... :

  • Pemakaian : Semakin sering dipakai tentu senar akan semakin menua dan rusak (karatan). Jika termasuk sering menggunakan gitar maka sebaiknya membeli lebih dari 1 set agar siap seandainya senar sudah tidak enak lagi suaranya.
  • Dibersihkan : Keringat dan minyak dari tangan kita juga dapat merusak senar, karena itu perlu dibersihkan secara rutin. Gunakan kain dan cairan khusus untuk pembersih senar dan bukan cairan atau minyak lain yang 'katanya' bisa untuk senar gitar. 
  • Penyimpanan : Gitar sebaiknya disimpan di dalam case nya dan jangan di ruangan yang terlalu lembap atau terlalu kering, alias suhu ruangan. Bisa digantung tapi selalu jaga agar jangan sampai ruangannya lembap.
  • Packing : Senar dengan packing biasa tanpa perlindungan (kedap udara atau dimasukkan gas tertentu) pasti akan berkurang 'kesegaran' nya, dibanding senar dengan packing kedap. Tapi rata-rata pembuat senar modern sudah memiliki semacam proteksi pada packingnya. 


Ok, sampai disini dulu tips dan trik singkat kita, nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net.
Sumber https://belajar-melody.blogspot.com/