Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Gitar 8 Senar, Instrumen Modern Dengan Banyak Potensi

Guitarsquartz.net -  Instrumen ini memang belum lama umurnya, tapi gitar 8 senar sudah sering terlihat di berbagai tempat.  Gitar 8 senar cenderung identik dengan musik keras dan metal. Tapi apakah benar seperti itu? Mari kita lihat bagaimana gitar 8 senar ikut menjadi bagian sejarah gitar dunia.
Paul Galbraith


Sejarah Gitar 8 Senar

Gitar 7 Senar Dulu..

Pada awalnya, sebelum ada gitar 8 senar, terlebih dulu ada gitar 7 senar. Gitar 7 senar ini pertama kali dibuat oleh khususu Gretsch Guitar untuk gitaris jazz yang bernama George Van Epps pada tahun 1930-an. Dan akhirnya memiliki gitar signature sendiri pada sekitar tahun 60-an.
George Van Epps dan gitar 7 senar buatan Gretsch
Tapi gitar 7 senar ini bukan untuk metal atau rock, tapi untuk jazz. Tuningnya, E A D G B E dengan tambahan senar A tinggi.

Kemudian penggunaan gitar 7 senar juga dipopulerkan oleh gitaris jazz lainnya Lenny Breau. Ia menggunakan gitar 7 senar dengan tuning yang sama dengan Van Epps, yaitu E A D G B E dengan senar tinggi A.
Lenny Breasu dan gitar 7 senar custom buatan Kirk Sand
Kemudian Steve Vai dan Ibanez membuat gitar 7 senar dengan senar rendah 'B' dan bukannya senar tinggi 'A'. Gitar yang bernama Ibanez Universe ini juga menjadi semacam cetak biru untuk gitar 7 senar modern lainnya.
Steve Vai dan Ibanez Universe 7 senar

Gitar 8 Senar Sudah Ada Sejak Dulu

Pada tahun 90-an, seorang gitaris klasik bernama Paul Galbraith dan luthier Inggris, David Rubio, membuat gitar klasik dengan 8 senar yang kemudian dikenal dengan 'Brahms Guitar'.

Gitar ini memiliki 6 senar gitar dengan tuning standar,  E A D G B E, namun dengan tambahan senar rendah dan tinggi, sehingga menjadi A E A D G B E A atau B E A D G E A. Dengan tuning ini, Brahms guitar bisa memainkan berbagai karya musik klasik di satu gitar tanpa perlu merubah tuning.


Ternyata gitar 8 senar tidak selalu identik dengan musik metal... Selain Paul, ada juga berbagai gitaris lain yang menggunakan gitar klasik 8 senar atau yang dikenal dengan Brahms Guitar tadi.

Akhirnya Ibanez pertama kali membuat gitar RG2228 sekitar tahun 2008. Gitar elektrik dengan 8 senar memiliki 2 senar rendah F# dan B selain 6 senar gitar dengan tuning standar. Ini adalah gitar 8 senar produksi massal pertama yang kami tahu.
Ibanez RG2228
Gitar tersebutlah yang menjadi awal populernya gitar 8 senar di kalangan gitaris. Umumnya disukai gitaris metal karena tambahan 2 nada rendah untuk riff super heavy.

Beberapa Gitaris Metal Yang Menggunakan Gitar 8 Senar

Mengapa gitar 8 senar disukai gitaris progresif dan metal? Alasannya kurang lebih sama dengan dibuatnya Brahms guitar, yaitu jangkauan dan pilihan nada yang lebih luas dibanding gitar standar atau 7 senar.

Nada rendah dari senar F# dan B juga bakal membuat lagu metal terdengar lebih heavy dan garang, terutama saat memainkan riff atau ritem distorsi. Tapi masih mempertahankan nada -nada tinggi dari senar dibawahnya untuk memainkan solo gitar. Itu sebabnya banyak gitaris metal dan rock yang menggunakan gitar 8 senar.

Sebelum Ibanez mengeluarkan RG2228, seorang gitaris rock dan metal bernama Rusty Cooley menggunakan gitar 8 senar yang dibuat oleh Conklin Guitars.
Rusty Cooley dan Conklin Guitars
 Pengguna gitar 8 senar yang paling dikenal saat ini, yaitu band progresif Meshuggah dan Animals As Leaders. Gitaris dalam band tersebut dikenal hanya menggunakan gitar 8 senar dalam hampir setiap karya mereka.

Marten Hagstrom & Fredrik Thordendal dari Meshuggah

Javier Reyes dan Tosin Abasi dari Animals As Leaders
Dan juga banyak band metal serta progresif lain yang menggunakan gitar 8 senar, seperti Periphery,

Gitar 8 Senar = Metal Dan Progresif? Nanti Dulu..

Nyatanya tidak semua pengguna gitar 8 senar itu metal. Banyaknya pilihan nada membuatnya pas untuk musik-musik seperti jazz atau musik lain yang membutuhkan banyak range nada.

Tadi diatas sudah sempat dibahas Paul Galbraith yang bergenre musik klasik, mari kita lihat beberapa gitaris 8 senar dari berbagai genre lainnya.

Gitaris Jazz, Charlie Hunter sempat menggunakan gitar 8 senar buatan Novax Guitars , meskipun belakangan ia menggunakan gitar senar 7.
Charlie Hunter dan gitar 8 senar Novax Guitars
Sebuah band bernama Little Tybee juga menggunakan gitar 8 senar dalam cara yang unik dan kreatif.



Pembuat Gitar 8 Senar

Kiesel Zeus ZM8

Saat ini sudah banyak perusahaan pembuat gitar yang membuat gitar 8 senar dalam line up produk mereka. Ibanez sampai sekarang masih memiliki range gitar 8 senar yang beragam.

ESP pun membuat gitar 8 senar, karena mereka lebih dikenal dekat dengan genre musik keras, ESP juga memiliki berbagai gitar 8 senar.

Kiesel Guitars, memiliki beberapa jenis gitar 8 senar, termasuk gitar headless seri Vader, Zeus, dan Osiris.

Strandberg, pembuat gitar terkenal dari Swedia, juga memiliki versi gitar 8 senar dari gitar headless mereka.

Dan masih banyak lagi pembuat gitar 8 senar, baik yang custom maupu produksi massal.


Beberapa Fitur Gitar 8 Senar

Fitur yang umum ditemukan pada gitar 8 senar adalah multiscale atau dikenal juga dengan fan-fret (baca juga artikel tentang fan fret, Mengenal Fan Fret). Hal ini agar senar tinggi tetap lentur dan fleksibel, tapi senar rendahnya mendapat tension ekstra agar tetap terdengar clear dan jernih.

Headless juga menjadi pilihan untuk gitar 8 senar karena bisa lebih ringkas ukurannya. Gitar 8 senar lebih berat dari gitar biasa, dan menjadikannya headless dapat membuatnya lebih ringan.

Untuk elektroniknya tidak jauh berbeda dengan gitar biasa, tapi seringkali digunakan pickup aktif karena dapat mememberikan frekuensi low yang lebih jelas.
Strandberg Boden 8 dengan pickup Fishman

Masa Depan Gitar 8 Senar

Gitar ini ternyata memiliki sejarah panjang dan masih memiliki segudang potensi untuk digali. Musik klasik, rock, metal, indie dan eksperimental semuanya dapat menggunakan gitar 8 senar. Mungkin saja pembaca Guitarsquartz punya ide musikal lain dengan gitar 8 senar. Silakan terus mengeksplor berbagai kemungkinan baru dalam bermusik.

Ok sampai disini dulu artikel kita, nantikan terus berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.net, and have a nice day !!
Sumber https://belajar-melody.blogspot.com/