Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membentuk Mental Lovebird (Lb) Muda Biar Lebih Fighter

Seiring dengan semakin maraknya lomba burung kicau terutama untuk kelas Lovebird (LB), baik itu kelas Lovebird PAUD maupun Lovebird DEWASA belakangan ini, maka secara otomatis juga ikut menaikkan popularitas burung paruh bengkok ini, sehingga ajakan pasar akan burung Lovebird juga ikut melonjak.

Dengan naiknya pamor Lovebird (LB) tersebut menciptakan banyak orang ramai-ramai memelihara burung cinta ini, baik itu para pemain lapangan atau mereka yang hanya ikut-ikutan musim saja. Tapi tidak bisa dipungkiri, popularitas Lovebird belakangan ini memang sangat luar biasa, hal itu juga terlihat dalam setiap gelaran lomba burung kicau, kelas Lovebird selalu full gantangan.

Dan yang paling banyak diminati ketika ini ialah Lovebird (LB) anakan dari indukan/trah juara atau oleh para pecinta Lovebird sering disebut dengan istilah PAUD jahat.

Kenapa yang banyak diburu ialah anakan Lovebird (LB) trah juara..?? Jawabannya tentu sebab faktor genetik ialah salah satu faktor yang sangat penting, sebab sang jawara tersebut akan mewariskan kemampuan dan bakat yang dimiliki kepada keturunannya.

Selain mewarisi gen indukannya, anakan Lovebird (LB) tersebut dari masih piyik juga sudah terbiasa mendengar bunyi induknya, jadi kemungkinan besar sewaktu cukup umur mereka akan memalsukan bunyi indukannya. Selain itu, warisan bakat dari induknya juga akan semakin menyempurnakan talentanya. Ini mengapa anakan Lovebird dari trah juara banyak diburu para pemain Lovebird lapangan.

Pemilihan materi menurut postur tubuh/katuranggan juga tidak ada salahnya kita lakukan. Lovebird (LB) dengan spesifikasi dibawah ini dipercaya ialah materi Lovebird yang prospek dan bisa dibuat untuk menjadi burung lapangan.

• Memiliki bentuk kepala bulat.
• Memiliki kaki panjang.
• Badan tegap dan dada bidang ketika berkicau.
• Sayap menyilang kanan dan kiri mengambarkan burung mempunyai huruf fighter.
• Ekor melengkung hampir menyentuh plangkringan.

Untuk membentuk Lovebird (LB) biar ngekek panjang sebaiknya dilakukan pemasteran semenjak dini, usahakan untuk dimaster semenjak piyik biar alhasil lebih maksimal. Perdengarkan setiap hari bunyi Lovebird ngekek dengan durasi panjang, baik memakai bunyi Mp3 player atau dengan bunyi Lovebird asli.

Dengan dimaster setiap hari, maka anakan Lovebird (LB) tersebut akan merekam dan menirukan bunyi masteran yang setiap hari didengarnya semenjak masih piyik. Selain pemasteran, biar Lovebird rajin ngekek dengan durasi panjang juga harus didukung dengan asupan gizi yang memadai.

Menu pakan harian untuk Lovebird (LB) biar rajin ngekek:

Menu pakan harian untuk Lovebird (LB) yang cocok ketika masih anakan (PAUD) ialah sebagai berikut:

• Milet putih
• Gabah beras merah
• Canary seed
• Jagung muda
• Daun kangkung

Pemberian milet putih, Gabah beras merah dan Canary seed yang sempurna ialah dengan perbandingan 5 : 2 : 1.
Sedangkan untuk dukungan jagung muda tidak perlu diberikan setiap hari, cukup berikan seminggu sekali saja. Kalau mau lebih baik lagi, kita sanggup menunjukkan cacahan daun kangkung setiap dua kali dalam seminggu.

Menu pakan tersebut kita berikan semenjak dini biar Lovebird (LB) terbiasa dengan sajian pakan tersebut ketika akan dilombakan. Tapi, jikalau kita memelihara Lovebird yang sudah dewasa, maka sajian pakannya harus dibedakan dengan Lovebird muda (PAUD).

Untuk pakan utama Lovebird (LB) dewasa, kita sanggup menunjukkan bijian milet putih, milet merah, serta canary seed dengan perbandingan 2 : 1 : 2.

Ekstra fooding (EF)

Lovebird (LB) juga perlu diberikan Ekstra fooding (EF) dengan tujuan untuk membangkitkan birahinya biar cepat bertelur atau untuk meningkatkan frekuensi kicauannya.

Ekstra fooding (EF) yang manis untuk Lovebird (LB) cukup umur antara lain:

• Biji bunga matahari untuk meningkatkan birahi Lovebird (LB).

• Tulang sotong dan cangkang telur ayam untuk melindungi Lovebird (LB) dari banyak sekali macam penyakit dan untuk memenuhi kebutuhan mineral serta kalsiumnya.

• Sayur-sayuran segar menyerupai sawi dan wortel biar warna bulu Lovebird (LB) selalu berkilau.

• Kuning telur rebus bisa diberikan untuk Lovebird (LB) yang sedang mabung, biar proses mabungnya berjalan lancar. Usahakan memakai telur ayam kampung atau telur bebek.

Selain dari sajian pakan harian tersebut, biar Lovebird (LB) bisa ngekek dengan durasi panjang perlu juga dilakukan perawatan lain seperti:

Mandi

Mandikan Lovebird (LB) setiap hari dengan cara disemprot memakai sprayer atau biarkan mandi sendiri dicepuk. Pokoknya ikuti kemauan Lovebird, jangan memaksakan sesuatu yang menciptakan burung tidak nyaman sebab dampaknya tidak akan bagus.

Jemur

Setelah dimandikan, jemur Lovebird (LB) selama dua jam rutin setiap hari (cabut pakan dan minumnya). Setelah simpulan dijemur, angin-anginkan dulu selama 15 menit kemudian berikan pakan dan air minum yang dicampur dengan beberapa tetes vitamin.

Umbaran

Untuk melatih stamina dan nafas Lovebird (LB), perlu juga dilakukan pengumbaran setidaknya dua kali dalam seminggu. Pengumbaran juga berfungsi sebagai sarana refreshing bagi Lovebird untuk menurunkan birahi yang berlebihan dan juga untuk mencegah stres.

Melatih mental Lovebird (LB)

Lovebird (LB) lapangan harus mempunyai mental fighter yang tinggi biar berani tampil maksimal pada ketika dilombakan. Karena percuma jikalau Lovebird punya materi manis dengan durasi ngekek yang panjang tapi tidak mempunyai mental yang bagus, yang ada Lovebird tersebut tidak akan bisa mengeluarkan kemampuannya secara maksimal sebab sudah kalah mental.

Untuk melatih mentalnya, Lovebird (LB) muda perlu sering ditrek dengan Lovebird muda lainnya untuk menumbuhkan jiwa fighternya.

Baca juga:

Cara pemasteran untuk Kenari biar mempunyai bunyi isian

Kunci sukses Murai Batu (MB) lapangan

Cara merawat burung Cililin biar cepat gacor

Demikian info wacana "Cara membentuk mental Lovebird (LB) muda biar lebih fighter". Untuk info lain seputar Lovebird (LB), sanggup dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird (LB)